Lompat ke isi utama

Berita

PANGDAM I/BB TERIMA AUDIENSI BAWASLU SUMUT

Bawaslu Sumut, Medan___ Pada Jumat (17/1/2019) Pangdam I/ Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah didampingi para Kasdam di jajaran Kodam I/BB menerima audiensi Bawaslu Provinsi Sumatera Utara di ruang tamu Pangdam I/BB lantai II Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km.7.5 Medan.

Hadir dalam audiensi ini perwakilan dari Bawaslu Sumut yakni Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan, SH; Koordinator Divisi Humas dan Hubal Marwan, S.Ag; Koordinator Divisi Organisasi Johan Alamsyah, SH.,MH; Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Herdi Munte, SH., MH.

Ketua Bawaslu Sumut dalam penjelasannya menuturkan bahwa maksud audiensi ini adalah bahwa Bawaslu memerlukan sinergi dengan Kodam I/BB dalam pelaksanaan pesta demokrasi. "Ini adalah audiensi pertama kami dan kami berharap kedepan akan terjalin sinergi Bawaslu dengan Kodam I/BB terutama dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang sebentar lagi dilaksanakan" kata Syafrida.

Lebih lanjut Syafrida mengatakan bahwa Bawaslu bertugas untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017. " Termasuk mengawasi netralitas TNI, bahwa Bawaslu harus memastikan TNI tidak berpihak" tegasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Herdi Munte bahwa sinergi dan koordinasi antara Bawaslu dengan jajaran TNI sangat perlu demi pemilu 2019 yang aman dan damai. "Pengalaman sebelumnya bahwa pelaksanaan Pilkada di Sumut berjalan dengan aman, itu semua berkat adanya sinergi yang baik antara Bawaslu dengan TNI" kata Herdi.

Herdi mencontohkan bagaimana pada pelaksanaan pemilu 2014 yang lalu Kodam I/BB membantu distribusi logistik di daerah Nias Selatan. "Kodam I/BB memberikan helikopter untuk membantu distribusi logistik ke Pulau Tello di Nias Selatan" katanya.

Pangdam I/BB menyambut baik kunjungan Bawaslu Sumut ini dan sangat mendukung segala upaya pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Sumut. " Pada prinsipnya, kami siap membantu dan bersinergi dengan Bawaslu Sumut, silahkan jalin komunikasi dengan kami" kata Fadhilah.

Terkait netralitas TNI, Pangdam I/BB juga menegaskan bahwa dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, Panglima TNI telah menginstruksikan agar semua TNI netral dan tidak berpihak. "Tidak usah kuatir, kami bisa menjamin bahwa jajaran kami tidak berpihak, jika ada yang melanggar silahkan jalin komunikasi dengan kami dan tolong berikan kami info yang benar dan tepat" ucapnya.

Seperti diketahui bersama bahwa bulan Maret 2019 sesuai tahapan, jadwal dan program Pemilu adalah pelaksanaan rapat umum pada tahapan kampanye. Oleh karena itu Bawaslu Sumut berharap jajaran TNI juga terlibat dalam upaya pengamanan. " Mohon dukungan TNI dalam pengamanan rapat umum dan penertiban APK, memang selama ini kami sangat apresiasi atas koordinasi yang terjalin di daerah terkait penertiban APK ini" tambah Syafrida.

Kedepan, Bawaslu Sumut dan Kodam I/BB akan senantiasa melakukan koordinasi terkait penyelenggaraan Pemilu 2019 yang damai di Sumatera Utara.(YanthiLoebis)

Tag
Berita