Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pleno Terbuka Penyusunan DPT, Bawaslu Madina Analisis Data Bersama Panwascam

Keterangan Foto : Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Madina Bambang Saswanda S.I.Kom saat memberikan arahan dalam kegiatan konsolidasi analis data pemilih bersama Panwascam Se - Kabupaten Mandailing di kantor Bawaslu Madina

Ket Foto : Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Madina Bambang Saswanda S.I.Kom saat memberikan arahan dalam kegiatan konsolidasi analis data pemilih bersama Panwascam Se - Kabupaten Mandailing Natal di kantor Bawaslu Madina, Rabu (18/9/24)

MANDAILINGNATAL.BAWASLU.GO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Madina lakukan analisa data pemilih hasil pengawasan yang dilakukan jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di kantor Bawaslu Madina, Kamis (18/9/24).

Bambang Saswanda anggota Bawaslu Madina sekaligus Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas  mengatakan, bahwa sejak DP4 diturunkan oleh Kemendagri untuk dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh jajaran KPU, Bawaslu terus lakukan pengawasan pergerakan dan perubahan terhadap data pemilih tersebut.

"Kami terus melakukan pencermatan di setiap tingkatan, baik perubahan data akibat kegandaan identitas, maupun perubahan karena adanya tanggapan masyarakat yang menjadi saran perbaikan kami kepada KPU," ujar Bambang Saswanda.

Rapat koordinasi ini menghadirkan anggota Panwascam dari 23 Kecamatan Se-Mandailing Natal. Secara bergantian data setiap kecamatan dianalisis dan dilakukan cheks and balance dengan meneruksan informasi ke jajaran Pengawas kelurahan / Desa jika didapatkan anomali data

"Kami sangat serius soal data pemilih, karena kami meyakini validitas data pemilih menentukan kualitas pelaksanaan Pilkada nantinya," jelas Bambang Saswanda.

Pleno terbuka Penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten Mandailing Natal sendiri akan dilaksanakan oleh KPU pada tanggal Kamis,19 September 2024. Bawaslu Madina turut melibatkan jajaran Panwascam saat pleno terbuka DPT nantinya.

Penulis dan Foto : Humas Bawaslu Madina

Editor : Bambang Saswanda, S.I.Kom