Lompat ke isi utama

Berita

Kunjungi Madina, Ketua Bawaslu Sumut Ingatan Potensi masalah pada perbatasan Provinsi dan Kabupaten

Mandailing Natal - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, Aswin Diapari Lubis melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mandailing Natal. Bertempat di Kantor Bawaslu Mandailing Natal, Aswin Diapari Lubis mengingatkan jajaran untuk melakukan pemetaan dan mitigasi terhadap potensi masalah di wilayah-wilayah perbatasan di Kabupaten Mandailing Natal

"Lakukan pemetaan dan mitigasi terhadap TPS-TPS yang ada di perbatasan Madina, baik perbatasan antar kabupaten maupun perbatasan antar Provinsi," ujar Aswin Diapari Lubis, Jumat (20 Oktober 2023).

Aswin menekankan, terhadap wilayah perbatasan harus dilakukan pengawasan berbeda, karena tidak dapat dipungkiri ada pemilih di perbatasan yang berbeda antara domisili dengan alamat pada kartu penduduk. Sehingga sangat rawan menjadi pemilih ganda.

"Seluruh jajaran Bawaslu harus lebih cermat, memberi perhatian lebih pada wilayah perbatasan." Ujarnya.

Sebagai informasi, Kabupaten Mandailing Natal memiliki 5 titik wilayah Perbatasan, diantaranya 3 Kecamatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, yakni Kecamatan Batahan, Kecamatan Muara Sipongi dan Kecamatan Ranto Baek, sementara itu 2 kecamatan lain berbatasan Kabupaten Tapanuli Selatan yakni Kecamatan Muara Batang Gadis dan Kecamatan Siabu.

Dalam kunjungannya ke Mandailing Natal, Ketua Bawaslu Sumut juga memeriksa kesiapan jajaran dalam menghadapi potensi sengketa pemilu sesuai kewenangan yang dimiliki Bawaslu Kabupaten.

Aswin juga meminta Bawaslu untuk memperkuat dan memperluas kerjasama berupa MoU dengan institusi pendidikan seperti Perguruan tinggi dan Sekolah.

"Bangun kerjasama, perkuat jajaran dan jalin kemitraan dengan kampus atau sekolah berupa magang di kantor Bawaslu untuk mahasiswa dan siswa SMK di Mandailing Natal, " ujarnya.

Kehadiran ketua Bawaslu Sumut Aswin Diapari Lubis disambut oleh ketua Bawaslu Mandailing Natal, Ali Aga Hasibuan, Kordinator Divisi SDMO, Adelin Putra, Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Muhammad Amin, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Asrizal Lubis, Kepala Sekretariat Bawaslu Madina, Asrul Azis Lubis dan jajaran staf serta Panwas kecamatan Mandailing Natal. (*P2H)

Tag
Berita