Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Bawaslu Ngampus, Bawaslu Madina Audiensi Dengan STAIN Madina

Anggota Bawaslu Madina, Bambang Saswanda S.I.Kom dan Ketua STAIN Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag beserta Staff Bawaslu foto bersama usai melakukan audiensi

Ket Foto : Anggota Bawaslu Madina, Bambang Saswanda S.I.Kom dan Ketua STAIN Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag beserta Staff Bawaslu foto bersama usai melakukan audiensi

MANDAILINGNATAL.BAWASLU.GO.ID - Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal melakukan audiensi dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal. Kehadiran Bawaslu Madina diterima langsung oleh Ketua STAIN Madina, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Dedisyah Putra, M.A., Ph.D, Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. H. Kasman, M.A dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Irma Suryani Siregar, M.A, Kepala Prodi KPI, Dr. Marlina, MA,  serta Sekretaris LP3M
Dr. Nur Saniah.

Pertemuan yang berjalan santai ini dilaksanakan di ruang Ketua STAIN Mandailing Natal. Datang mewakili Bawaslu Madina, Bambang Saswanda, S.Ikom selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, Kasubag Pengawasan Erlinda Lubis dan jajaran staf Bawaslu Madina.

Anggota Bawaslu Madina, Bambang Saswanda mengatakan, perguruan tinggi merupakan stakeholder kunci Bawaslu, terutama upaya memperkuat edukasi tentang pengawasan Pemilu.

"Dunia pendidikan tinggi sangat penting sebagai mitra strategis Bawaslu, banyak masukan kampus yang perlu kami serap, dan tentu kerjasama kolaboratif yang perlu terus disinergikan secara terus menerus," ujar Bambang Saswanda.

Dalam kesempatan tersebut Bawaslu dan STAIN Mandailing Natal mendiskusikan rencana kegiatan yang akan digelar oleh Bawaslu RI di STAIN Mandailing Natal.

"Bawaslu RI memilih STAIN Mandailing Natal sebagai salah satu tempat penyelanggara Bawaslu Ngampus, program nasional yang nanti melibatkan 200 mahasiswa STAIN, kami sangat berharap STAIN dapat mendukung kegiatan ini," ujar Bambang Saswanda.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Saswanda juga mengubgkapkan kerjasama STAIN dan Bawaslu yang terjalin sebelumnya, dimana Pemilu tahun 2024 lalu Bawaslu menerima 3 mahasiswa STAIN melaksanakan PKL di Bawaslu Madina.

"Ini untuk pertama kali Pak PKL dikanakan di Bawaslu, sebelumnya kami sangat mempertimbangkan hal ini mengingat di Bawaslu ada beberapa Informasi yang dikecualikan menurut UU. Tapi kami akhirnya menerima dengan menempatkan mahasiswa di divisi kehumasan," ujar Bambang Saswanda.

Mendengar paparan ini, Ketua STAIN Mandailing Natal menyambut dengan gembira "Saya kira kami sangat  berterimakasih atas kesempatan anak didik kami bisa PKL di Bawaslu," ujar Ketua STAIN Madina sambil memberikan tepuk tangan.

Kesempatan tersebut Ketua STAIN Madina menyampaikan pentingnya kerjasama strategis bagi STAIN Madina dengan instansi pemerintah lainnya, karena menurutnya ini akan mampu mendorong percepatan kemajuan STAIN Madina

Prof Sumper Harahap juga berpesan kepada Masyarakat Madina agar ajang Pilkada Madina ini menjadi ajang pemersatu bagi masyarakat Kabupaten Madina.

"Kita tau ada banyak politik identitas, hoax dan ujaran kebencian yang mewarnai demokrasi kita, tapi saya berharap ini tidak terjadi di Madina, justru Pilkada ini dijadikan sebagai ajang mempersatukan," ujar Prof Sumper Harahap.

Di akhir pertemuan, Bawaslu dan STAIN Madina sepakat untuk terus mengembangkan kerjasama strategis terutama dalam upaya mendorong tumbuhnya pemilih terdidik dalam generasi muda di Mandailing Natal terutama dimulai dari kehidupan kampus.

Penulis dan Foto : Humas Bawaslu Madina

Editor : Bambang Saswanda S.I.Kom