Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Madina Persiapkan Panwascam Susun Peta Tematik Pemilu

Mandailing Natal - Bawaslu Mandailing Natal mendorong Panwascam memiliki Peta tematik Pemilu, peta tematik ini diharapakan memudahkan pengawasan di wilayah kerja masing-masing.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan penyusunan peta tematik tingkat kecamatan, peta ini memuat data-data kuantitatif yang memudahkan membaca kondisi satu wilayah," Ujar Bambang Saswanda, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal, saat mengunjungi Panwascam Muara Batang Gadis di Singkuang, Kabupaten Muara Batang Gadis, Senin (23/10).

Menurut Bambang Saswanda, perlu pendekatan untuk membaca geografis Madina, seperti titik TPS, jarak TPS ke Kecamatan, akses, jarak tempuh hingga data-data pengawas dan DPT di satu TPS.

"Dari satu peta kita berharap mendapat gambaran utuh kondisi wilayah di Madina, seluruh informasi dituangkan di peta di masing-masing kecamatan, setelah itu peta dikembangkan hingga tingkat Kabupaten," ujar Bambang Saswanda

Selain Informasi kuantitatif, kata Bambang Saswanda Panwascam harus memiliki data-data historis satu TPS dari pengalaman pemilu sebelumnya.

"Ada banyak pengetahuan di setiap TPS berdasarkan Pemilu atau Pilkada sebelumnya, pengetahuan tersebut harus dikelola, seperti histori apakah ada PSU, Atau penghitungan ulang, kendala administrasi pemilih atau hal-hal yang pernah terjadi di TPS yang mempengaruhi proses pemilu," jelas Bambang Saswanda.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Panwascam Muara Batang Gadis, Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas, Kepala Sekretariat Panwascam dan seluruh staf Panwascam Muara Batang Gadis. (p2h)

Tag
Berita