Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Madina Imbau KPU Transparan Umumkan Pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati Madina

Imbauan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2024

Imbauan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2024

MANDAILINGNATAL.BAWASLU.GO.ID - Badan Pegawas Pemilu (Bawaslu) Mandailing Natal menghimbau KPU Mandailing Natal transparan dan terbuka dalam tahapan pendaftaran pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal.

Menurut Bawaslu Madina, Ada beberapa poin penting dalam tahapan pelaksanaan pendaftaran pencalonan Bupati dan wakil Bupati Madina yang wajib dilaksanakan agar pelaksanaannya dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku.

"KPU Madina wajib melaksanakan ketentuan yang berlaku terkait pendaftaran pencalonan Bupati dan wakil Bupati Madina, supaya dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai regulasi" ujar Ketua Bawaslu Madina, Aliaga Hasibuan, Jum'at (22/8/24).


Maka untuk itu Bawaslu Madina mengimbau KPU agar mengumumkan pendaftaran pencalonan secara terbuka, memberikan perlakuan yang sama kepada setiap bakal pasangan calon ataupun partai pengusung dan membuka ruang informasi dan koordinasi terkait pendaftaran.

Selain itu Aliaga mengharapkan agar KPU melaksanakan seluruh kegiatan pencalonan sesuai jadwal yang telah ditentukan dalam PKPU No 2 Tahun 2024, menerima persyaratan sesuai PKPU No.8 Tahun 2024 pasal 14 dan pasal 92, dan kemudian pelaksanaan pendaftaranya secara tepat waktu

Sementara itu Koordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas Bawu Madina, Bambang Saswanda mengatakan, Sebelumnya Bawaslu Madina telah mengirimkan surat imbauan kepada KPU Madina dengan nomor 0103/PM.00.02/K.SU-11/08/2024 Pada 22 Agustus 2024 lalu.

Imbauan ini menurut Bambang Saswanda merupakan upaya pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu Madina terutama mengingatkan KPU untuk melaksanakan seluruh tahapan pendaftaran calon untuk tertib regulasi dan tertib tata waktu.

"Setiap tahapan dalam pelaksanaan Pilkada terbuka ruang adanya sengketa nantinya, untuk itu kami berharap imbauan ini dapat mencegah terjadinya sengketa tersebut," ujar Bambang Saswanda.

Penulis dan Foto : Humas Bawaslu Madina

Editor :  Bambang Saswanda S.I.Kom